Jumat, 04 Februari 2011

Kosumsi Bensin New Daihatsu Terios

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menurut PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pengembangan yang dilakukan pada New Terios mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai 6 persen menjadi 11,7 km per liter (kpl). Pada ajang test ride New Daihatsu Terios Exotic Trip, seluruh media diberi kesempatan menghitung sendiri.

Dalam pengujian kali ini, KOMPAS.com duduk di balik kemudi New Terios TX M/T Adventure Silver. Sebelum konsumsi bahan bakar SUV dihitung, tangkinya diisi Pertamax hingga penuh.

Saat bensin di isi pneuh di SPBU pertama tripmeter menunjukkan 111 kilometer (km). Rute yang dilalui: Pantai "Cinta" Parangkusumo – Kota, total 74 km. Jarak tersebut diperoleh diperoleh dari selisih angka tripmeter saat masuk ke SPBU kedua, 185 km.

Selama perjalanan, kecepatan rata-rata sekitar 60-75 km/jam. Selama di baik kemudi, KOMPAS.com sebisa mungkin menjaga putaran mesin tak melewati 3.000. Karakteristik jalur yang dilalui terbilang standar karena didominasi oleh jalan lurus tak banyak tikungan, tanjakkan atau turunan curam.

Berdasarkan jarak dan bensin yang diisikan kembali, konsumsi bahan bakar rata-rata kendaraan ini 10,52 km per liter. Saat pengujian, New Terios diisi tiga penumpang dan menggunakan AC depan dan belakang.

Hasil tersebut berbeda dengan klaim pabrik. ADM mengetes konsumsi bahan bakar dengan 4 penumpang dan hanya satu AC yang dioperasikan.

Kesimpulan, tak ada peningkatan berarti untuk konsumsi bahan bakar dibandingkan versi sebelumnya. Perubahan New Terios kali ini untuk menyegarkan tampilan eksterior dan interior unit dan bukan kemampuan mesinnya.

Penulis: Agung Kurniawan
Editor: Zulkifli BJ

0 komentar:

Posting Komentar